468x60 Ads

Rabu, 02 Maret 2016

Tutorial Instalasi Linux Ubuntu di VirtualBox

Matakuliah : Sistem Operasi
Nama : I Putu Lingga Yastina Iswara
Nim : 140010021
Kelas : BB141
Pertama buka aplikasi Oracle VM VirtualBox

Klik icon "Baru" pada menu bar, isi nama instalasi yg anda inginkan Contoh : Ubuntu, pilih tipe linux, dan pilih version sesuai dengan spesifikasi PC atau laptop anda, bisa 32 bit atau 64 bit, kemudian klik Lanjut.

Membuat virtual RAM, sebagai contoh saya menggunakan 512 MB. Kemudian klik Lanjut.

Setelah itu kita akan menentukan apakah kita akan menggunakan virtual hard drive atau tidak, apakah kita mau membuatnya sendiri atau tidak, jika kita ingin menentukan besaran virtual hard drive yang ingin kita gunakan maka centang pada “Buat hard disk virtual sekarang”, lalu klik Buat. 

Setelah itu kita diminta untuk memilih tipe hard drive yang akan kita digunakan, disini saya menggunakan dan mencentang pada VDI (VirtualBox Disk Image), kemudian klik Lanjut.

Setelah itu kita diminta untuk memilih apakah size virtual hard drive kita akan berkembang sesuai batasannya atau sudah pasti disediakan dengan ukuran yang kita mau, sebagai contoh saya memilih untuk mencentang pada “Ukuran tetap”, kemudian klik Lanjut.

Kemudian kita diminta menentukan ukuran dari virtual hard drive yang ingin kita buat dan menentukan lokasinya, kemudian klik Buat.

Kita sekarang sudah memiliki sebuah virtual machine. Klik pada virtual machine yang kita buat tadi, kemudian klik Pengaturan pada menu bar.

Setelah mengklik menu Pengaturan tadi akan muncul tampilan seperti dibawah, kemudian klik Penyimpanan klik Pengendali IDE klik pada kosong kemudian cari di bagian kanan gambar cd kemudian diklik kemudian cari dimana letak file iso dari Ubuntu yang akan kita instal, lalu klik Ok.

Klik pada virtual machine yang kita buat tadi kemudian cari pada menu bar icon Mulai lalu klik.

Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah, disini kita diminta untuk memilih Bahasa yang akan kita gunakan dalam proses instalasi. Setelah memilih bahasa yang kita inginkan kita klik Install Ubuntu.

Pada tampilan dibawah kita diminta untuk menentukan persiapan sebelum menginstal Ubuntu. Setelah selesai melakukan persiapan klik Continue. 

Sebagai contoh saya klik pada “Something Else” untuk mengatur bagian partisi, kemudian klik Continue. 

Untuk membuat partisi baru klik pada “New Partition Table” kemudian klik Continue.

Kemudian pilih free space dan klik Add.

Setelah itu kita akan membuat sebuah virtual RAM tambahan sebagai contoh saya menggunakan sebesar 1000 MB, untuk tipe partisi centang Logical untuk lokasinya centang pada Beginning dan pada Use as cari swap area, kemudian klik Ok.

Setelah memiliki virtual RAM tambahan selanjutnya untuk sisanya tadi kita gunakan sebagai memory home. Lakukan langkah seperti tadi tapi untuk tipe centang pada Primary, lokasi Beginning  , Use as pilih Ext4 journaling file system dan Mount point pilih “/” , kemudian klik Ok. 

Setelah itu kita diminta untuk menentukan zona waktu yang akan kita gunakan. Sebagai contoh karena daerah saya menggunakan (WITA)Waktu Indonesia Tengah maka saya memilih Makassar, kemudian klik Continue.

Setelah itu kita diminta untuk memilih jenis keyboard yang akan kita gunakan. Sebagai contoh saya memilih pada English (US) => English (US), kemudian klik Continue.

Setelah itu kita diminta untuk menentukan nama , nama computer , username dan password, setelah diisi dengan benar. Lalu klik Continue.

Dibawah ini  merupakan proses instalasinya, tunggu proses tersebut hingga selesai.

Setelah instalasi selesai anda akan diminta untuk merestart Linux anda dengan klik Restart Now.

Setelah anda merestart Linux Ubuntu anda, akan muncul tampilan log in ,disana anda bisa mengisi username dan password yang sudah anda buat sebelumnya untuk masuk ke dalam desktop Linux Ubuntu anda.
Sekian proses instalasi yang saya terangkan ,jika ada salah kata mohon permaklumannya.

Sekian dan Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar